Di World Cup Soccer Camps & Clinics, merupakan tempat yang telah disediakan untuk mengasah keterampilan, setelah para pesepakbola muda ini menjalani berbagai program seperti latihan kiper, latihan tim dan latihan dasar permainan sepakbola untuk anak-anak dari segala usia dan kemampuan. Sejak menjalankan operasinya pada tahun 1991,mereka telah memelihara standar tertinggi dalam kepelatihan profesional dan berhasil mendapatkan reputasi sebagai salah satu pusat kepelatihan terbaik untuk anak-anak yang berdomisili California Utara.


Fokus utama mereka adalah membantu anak-anak dari segala usia dan kemampuan untuk mencapai potensi secara maksimal sebagai atlet olahraga. Sementara itu, mereka juga mempunyai penekanan pada instruksi dan terus memfokuskan dirinya kepada anak-anak secara keseluruhan guna melahirkan seorang bintang sepakbola muda.  Berikut ini adalah 25 tips terbaik yang ditujukan untuk pesepakbola muda, diantaranya adalah:

  1. Bersenang-senanglah. Ingat, semuanya ini adalah bentuk sebuah permainan dan anda harus belajar untuk menikmati keseluruhan aspek tersebut.
  2. Bersiap-siaplah. Jika anda telah mempersiapkan diri sebelum bermain didalam sebuah permainan maka anda dapat fokus pada permainan tersebut. Apakah semua peralatan anda telah dikemas sebelumnya? Sebelum siap untuk pergi, anda harus mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan dan ingat untuk selalu membawa air mineral.
  3. Bersedia untuk mencoba hal-hal yang baru. Jika anda baru berkecimpung di dunia sepakbola, maka anda akan merasakan semuanya baru. Jika anda merupakan seorang pemain lama, biarkan sang pelatih mendorong anda untuk melewati zona nyaman anda dengan mencoba sesuatu yang baru. Siapa tahu anda dapat menemukan sesuatu yang lebih baik didalam hal tersebut.
  4. Selalu membawa bola kemanapun anda pergi. Semakin sering anda menyentuh bola maka anda semakin akrab dengan si dia. Hal itu juga berarti anda akan lebih baik dalam bermain sepakbola.
  5. Jadilah sebuah spons. Anda harus selalu mendengarkan, belajar, mencoba dan mengeksplorasi. Gunakan semua panca indra anda untuk mengakses apapun yang orang lain ajarkan kepada anda.
  6. Mengajukan pertanyaan. Hal ini juga berlaku untuk segala sesuatu. Jika anda tidak tahu maka beranilah untuk bertanya. Jika anda memerlukan sebuah klarifikasi maka anda harus mendapatkannya. Semakin anda bertanya dan memahami maka anda juga akan semakin ingin untuk terus belajar dan selalu menjadi yang terbaik sehingga anda dapat menerapkan keterampilan.
  7. Menggiring bola. Belajarlah untuk menggiring bola ke depan, ke belakang, depan dan belakang; ini merupakan keterampilan yang harus anda kuasai dan paling terpenting. Sepakbola tidak hanya sekedar ‘menendang’ bola, anda harus menguasai semua aspek hingga dinyatakan lulus.
  8. Mengoper bola. Jangan sekali-kali mencoba untuk menjadi seorang pahlawan kesiangan didalam lapangan hijau. Anda harus belajar bagaimana kerjasama tim dan selalu belajar dengan baik.
  9. Menonton pertandingan sepakbola. Luangkan waktu sejenak untuk menonton beberapa pertandingan sepakbola dan lihat bagaimana para pesepakbola profesional tersebut bermain. Anda dapat belajar disini.
  10. Memahami setiap posisi. Pelajari posisi yang berbeda dan pelajari juga bagaimana cara mereka berinteraksi satu sama lainnya. Permainan sepakbola sama seperti tarian dan masing-masing posisinya memiliki koreografi tersendiri.
  11. Selalu pertahanakan posisi anda. Anda harus mengetahui dimana posisi anda saat berada di lapangan, disini posisi anda ada kaitan erat dengan posisi pemain lain. Selalu perhatikan pergerakan rekan setim anda.
  12. Cari posisi favorit anda dan belajarlah dengan baik. Disini anda butuh peran pelatih yang cocok untuk anda sehingga anda dapat bermain penuh waktu.
  13. Tidak hanya peralatan saja, tetapi pastikan juga anda telah memiliki hal-hal yang cocok dengan anda. Sepatu merupakan peralatan kunci anda dan pastikan ukurannya cocok dan nyaman dengan kaki anda.
  14. Menjunjung tinggi nilai permainan yang adil. Anda dituntut harus bermain adil, sesuai dengan nilai semangat, peraturan dan ketentuan yang berlaku.
  15. Tetap tenang. Permainan sepakbola dapat memicu emosional dan perjalanannya tidak dapat diprediksi. Anda harus selalu tetap tenang bahkan ketika hal-hal yang tidak baik menimpa diri anda.
  16. Permainan sepakbola adalah kerjasama tim. Satu tim harus bisa saling mendukung dan saling memotivasi satu sama lain. Dengan adanya dukungan positif maka anda membangun sebuah tim yang solid dan kerjasama akan menjadi lebih baik.
  17. Anda harus mengantisipasi kebutuhan rekan setim dan selalu mendukung mereka dengan mengoper bola kearahnya. Mendukung tim anda berarti anda harus berada di posisi dimana anda dapat mengoper bola kepada mereka, begitu juga sebaliknya. Tempatkanlah posisi anda dalam jarak yang cukup jauh sehingga rekan setim anda dapat melewati bek lawan dengan efektif. Tempatkanlah posisi anda dalam jarak yang cukup dekat sehingga mereka dapat mengoper bola kepada anda dengan baik. Jika anda menempatkan posisi terlalu jauh, anda akan kesulitan untuk membuat operan kepada rekan setim. Disini posisi pemain dan operan harus menjadi satu.
  18. Tunjukkanlah rasa hormat anda kepada setiasp pelatih, wasit, lawan main dan rekan setim anda disetiap sesi menang ataupun kalah.
  19. Daya tahan tubuh. Sepakbola adalah permainan yang mengandalkan daya tahan tubuh dan kondisi. Makan, tidur dan berolahragalah dengan baik sehingga tubuh anda tetap sehat dan mampu tampil di tingkat maksimal. Kondisi, keterampilan dan pengetahuan taktis adalah semua komponen penting yang harus dimiliki dari seorang pesepakbola profesional.
  20. Pertahankan bola anda disetiap saat. Jika anda kehilangan bola, jadilah orang pertama yang mempertahankannya. Melakukan pengejaran dekat adalah aturan pertahanan yang pertama. Jangan biarkan tubuh anda goyah sampai bola tersebut telah berhasil dikuasai kembali.
  21. Terkadang didalam suatu pertandingan, mungkin anda akan mendengar pelatih meneriakkan kata ‘mark’. Hal ini berarti anda sedang tidak berada dekat dengan posisi bola dan anda harus mengejarnya. Anda akan berhadapan dengan pemain lain, lalu memposisikan diri anda diantara bola dan lawan sehingga mencegah mereka untuk mengoper bola kepada rekan setimnya.
  22. Mengoper adalah hal yang terpenting, begitu juga menembak. Sejatinya, anda harus mengetahui kapan waktu yang baik untuk melakukan tembakan. Jangan ragu untuk melesakkan sebuah tembakan ke arah gawang jika anda merasa mempunyai satu kesempatan yang bagus. Lakukanlah tembakan terbaik anda dan arahkanlah tepat ke gawang lawan.
  23. Kebanyakan pesepakbola menggunakan kaki kanannya. Para bek umumnya selalu mengantisipasi akan menyerang kaki kanan pemain lain sehingga anda juga harus belajar untuk menggunakan kaki kiri. Kembangkanlah bakat dan keterampilan untuk menggiring dan menembak bola dengan mengandalkan kaki kiri dan kaki kanan anda.
  24. Belajar untuk bisa menendang di sekitar target anda. Jangan menembakkan bola ke arah bek lawan. Melewati atau menggiring bola menyamping atau bahkan mundur bisa menjadi pilihan yang baik jika anda ingin mempertahankan penguasaan bola. Penguasaan bola adalah kunci untuk mengendalikan tempo dan arah permainan.
  25. Selalu memberikan yang terbaik. Anda harus selalu berharap kepada rekan setim yang berada di sekitar anda, begitu juga sebaliknya. Menang atau kalah merupakan bagian didalam permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *